Jeli Melihat Peluang Bisnis

Written by Rey on May 2, 2020 in Uncategorized with no comments.

Kini, Hamzah telah memiliki 5 lisensi waralaba bimbel dengan jumlah siswa di atas 200 orang tiap semester. Total omzet yang diperolehnya sebesar Rp360 juta/semester dengan web revenue sekitar Rp180 juta/semester. Peluang usaha yang telah di ambil tentu akan terdapat konsekuensi oleh pengambil keputusan itu. Membuat produk jasa yang berkualitas, bermanfaat, dan laku terjual sesuai dengan daya beli konsumen. Peluang usaha terdiri dua kata yaitu “peluang” dan “usaha”, peluang yang dalam bahasa Inggris disebut dengan Opportunity memiliki arti sesuai dengan KBBI ialah kesempatan.

Bisnis yang dibangun dari hobi memiliki peluang untuk bertumbuh. Melihat peluang tersebut, masyarakat harus memanfaatkan buah lokal ini untuk dijadikan panganan khas Kubar atau usaha lainnya. Apalagi Kubar saat ini musim buah durian, warga harus memanfaatkannya. Misalkan, selain buahnya dijual, bisa juga dijadikan panganan seperti dodol dan lempok durian. SENDAWAR- Peluang usaha buah durian menjadi salah satu bisnis yang tidak bisa dianggap remeh. Hasilnya pun sangat menguntungkan apabila dikelola dengan baik.

Pengusaha adalah orang yang dapat melihat peluang, saat semua orang melihat masalah mereka menghasilkan ide dari hal tersebut. Itulah keuntungan paling signifikan dari seorang wirausahawan. Adakalanya sebelum memulai sebuah usaha setelah melihat peluang disekitar, Anda perlu berlatih tentang manajemen keuangan yang akan mendukung pelaksanaan usaha. Nah, agar jasa Anda semakin dikenal masyarakat luas, Anda bisa menjadikan Instagram sebagai galeri atau portfolio Anda.

Melihat peluang yang ada

Jika anda memiliki lokasi yang strategis maka akan menjadi poin yang bagus untuk mendukung usaha yang anda lakukan. Sebagai contoh ketika anda memiliki lokasi yang dekat dengan sekolah maka dapat anda manfaatkan dengan membuka usaha fotocopy dan peralatan alat tulis. Selain toko online, peluang bisnis online berikutnya adalah memanfaatkan media sosial, seperti Youtube, Instagram, Facebook, Twitter maupun blog untuk mendulang rupiah. Contohnya menjadi youtuber, influencer, vlogger, blogger, content creator, dan lainnya. Ini nih bisnis yang lagi naik daun, modal kecil, tapi bisa mendatangkan untung besar asalkan kreatif dalam menciptakan ide-ide konten.

Anda berjualan di web site milik orang lain, jadi ada banyak keterbatasan. Selain itu, anda jadi tidak bisa membangun brand sendiri karena bergantung dengan web site marketplace tersebut. Banyak orang yang melakukan ini, karena memang prosesnya mudah dan penghasilan yang didapatkan tidak main-main. Selain itu, luangkan diri Anda untuk membaca-baca buku, memperluas wawasan, bergaul dengan orang-orang yang lebih sukses, dan pergi ke luar negeri melihat peluang. Contohnya, ketika Tung Desem Waringin pergi ke Tiongkok, ia melihat berbagai macam bisnis yang bisa dijadikan peluang.

Hamzah tidak putus asa dan kembali lagi merenungi kesalahannya. Menurut dia, jatuh bangun dalam berwirausaha itu tidak pernah membuat dia tertekan. Itu dia pelajari dari membaca biografi pengusaha-pengusaha besar. Untuk mengurangi ketegangan pikiran karena kesibukan kerja, contoh bioskop, diskotik dan karokean. Bersifat ide kreatif dan inovatif bukan tiruan dari orang lain. Peluang itu harus dapat mengantisipasi perubahan, persaingan, dan kebutuhan pasar dimasa yang akan datang.

Comments are closed.